Populasi Umat Islam Didunia dan 10 Negara Terbesar

Sebuah studi demografi yang dilakukan secara komprehensif terhadap lebih dari 200 negara menemukan bahwa ada 1,57 miliar umat Islam didunia, atau sekitar 23 % dari perkiraan populasi dunia tahun 2009 yang berjumlah 6,8 miliar. Umat Islam tersebar di lima benua, lebih dari 60 % berada di Asia dan sekitar 20 % di Timur Tengah dan Afrika Utara. Namun, untuk kawasan Timur Tengah-Afrika Utara memiliki persentase tertinggi sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim. Lebih dari setengah dari 20 negara memiliki populasi sekitar 95 % Muslim, bahkan lebih.
Lebih dari 300 juta umat Islam , atau seperlima dari populasi Muslim dunia, hidup di negara-negara di mana Islam bukan termasuk agama mayoritas. Namun, dinegara-negara tersebut, populasi umat Islam cukup besar. Misalnya di India, populasi umat Islam masuk dalam terbesar ke-3, umat Islam di China lebih banyak daripada Syria/Suriah sementara di Rusia, umat Islam lebih besar dari Yordania dan Libya meskipun keduanya digabungkan.

Dari total populasi umat Islam, 10-13 % adalah umat Islam penganut aliran Syiah dan 87-90 % adalah Sunni. Kebanyakan Syiah (antara 68 % dan 80 % ) tinggal di hanya empat negara : Iran , Pakistan , India dan Irak.

Ini adalah beberapa temuan dari Mapping the Global Muslim Population, sebuah studi yang dilakukan Pew Research Center Forum on Religion & Public Life. Mereka mengaku menggunakan data terbaik yang tersedia pada 232 negara dan wilayah.
Angka dibulatkan
Umat Islam Mendominasi di Asia
Dua-pertiga dari total umat Islam di seluruh dunia berada di 10 negara :
  • 6 negara di Asia (Indonesia, Pakistan, India, Bangladesh, Iran dan Turki)
  • 3 negara di Afrika Utara (Mesir, Aljazair dan Maroko), dan
  • 1 negara di Afrika Sub-Sahara (Nigeria).
10 Negara berpenduduk Muslim terbesar
Populasi umat Islam berdasarkan peta Benua

Umat Islam sebagai Mayoritas dan Minoritas

Sebanyak 80 % dari umat Islam di dunia berada di negara-negara di mana Muslim mayoritas , jumlah yang signifikan -sekitar seperlima dari populasi umat Islam di dunia- hidup sebagai minoritas agama di negara asal mereka.  Sekitar 317 juta umat Islam hidup sebagai minoritas, sekitar 240 juta - sekitar tiga -perempat- berada di 5 negara :
  • India (161 juta)
  • Ethiopia (28 juta)
  • China (22 juta)
  • Rusia (16 juta)Tanzania (13 juta)
Dua dari 10 negara dengan jumlah umat Islam terbesar namun tinggal sebagai minoritas adalah di benua Eropa, yaitu Rusia (16 juta) dan Jerman (4 juta).

Meskipun minoritas namun jumlahnya sering cukup besar. Seperti di India, meskipun negara India mayoritas beragama Hindu, namun umat Islam disana adalah terbesar ketiga. Umat Islam Ethiopia termasuk besar seperti di Afghanistan. Umat Islam di Cina lebih banyak dibanding Suriah, Rusia menjadi rumah bagiumat Islam yang jumlahnya lebih besar dari Yordania dan Libya meskipun keduanya digabungkan, dan Jerman memiliki lebih banyak umat Islam daripada Lebanon.

0 Response to "Populasi Umat Islam Didunia dan 10 Negara Terbesar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel